Menu

Sejarah Manchester United



Sulit membayangkan Manchester United sebagai sesuatu selain klub terkaya dan paling populer di dunia sepakbola saat ini, namun ketika klub itu didirikan pada 1878, anggotanya sedikit lebih dari beberapa pekerja kereta api dari Lancashire dan Yorkshire Railway. Kemudian klub itu dikenal sebagai Klub Sepakbola LYR Newton Heath dan hanya berkompetisi dalam pertandingan sepak bola melawan departemen LYR lain atau perusahaan kereta api lainnya. Karena kurangnya kepercayaan pada kemampuan mereka, klub menunggu untuk bergabung dengan bandar judi bola Liga Sepak Bola Inggris hingga 1892, empat tahun setelah liga dibuka.

Pada tahun 1902, beberapa pengusaha lokal, termasuk John Henry Davies, berinvestasi di Newton Heath untuk meringankan masalah keuangan klub. Davies menjadi presiden dan mengubah nama klub menjadi Manchester United pada Mei 1902. Davies juga membeli tanah yang nantinya akan menjadi rumah dari Stadion Old Trafford. Pada 1910, United memainkan pertandingan pertama mereka di stadion, kalah 4-3 dari Liverpool. Meskipun ini kehilangan awal, United menjadi Liga Champions selama musim penuh pertama mereka di Old Trafford.

Penampilan Manchester United berjuang sebelum Liga untuk sementara dihentikan karena pecahnya Perang Dunia Pertama. Ketika Liga dimulai kembali pada tahun 1919, United kembali dengan ayam jantan yang sama sekali baru, kecuali Billy Meredith dan Joe Spense yang keduanya bermain untuk United selama musim 1914/15. Namun, kesuksesan tim terus menurun dan pada akhir musim 1927/28, United berakhir di urutan ke-18 di divisi tersebut.

Performa United terus menurun ketika tim kehilangan dua belas pertandingan pertama mereka dari musim 1930/31. Tim mengakhiri musim dengan kehilangan hampir dua pertiga pertandingan mereka. Penampilan mereka menyebabkan pengunduran diri manajer Herbert Bamlett. United berada di ambang kebangkrutan ketika James Gibson menginvestasikan sekitar 30.000 ke klub dan menunjuk Scott Duncan sebagai manajer. Duncan, bagaimanapun, salah urus uang Gibson dan klub terus berjuang sampai 1938 ketika, dengan bantuan fullback baru Johnny Carey, United menyelesaikan musim ke-14 di divisi. Namun, kegembiraan mereka berumur pendek sebagai awal Perang Dunia Kedua menyebabkan suspensi lain dari Liga, kali ini selama beberapa tahun.

Manchester United melihat sukses besar ketika Liga dibuka kembali dengan manajer baru Matt Busby, yang akan membangun United menjadi salah satu tim sepak bola terbesar dalam sejarah Inggris. Setelah pengunduran diri Busby pada tahun 1969, tim akan berjuang untuk menemukan seorang manajer yang kuat sampai 1986, ketika United mempekerjakan manajer mereka saat ini, Alex Ferguson. United meraih sukses luar biasa di bawah Ferguson, termasuk membuat sejarah dengan menjadi tim sepak bola Inggris pertama yang memenangkan Piala FA, Liga Premier dan Liga Champions UEFA dalam satu musim. United juga akan mengamankan kemenangan di Piala Dunia FIFA 2008.

Leave a Reply